Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Sekda Aktifkan Tim PSC 119 Aceh Besar

Kategori : Kesehatan Selasa, 07 April 2020 - Oleh mc

 

Aceh Besar, Media Center - Sekretaris Daerah Aceh Besar Drs. Iskandar M.Si membuka pelatihan dan penguatan kapasitas Tim PSC (Public Safety Center) 119 Aceh Besar sebagai Tim yang akan memberikan pelayanan gawat darurat secara cepat, tepat, dan cermat bagi masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Dekranasda Gani, Ingin Jaya, Senin 6 April 2020.

Sekda mengungkapkan bahwa PSC aceh besar baru terbentuk di awal tahun 2020 dan masih dalam proses peningkatan kapasitas dan menantikan sarana pendukung lainnya seperti Ambulance emergency dan alat Komunikasi dan sebagai wadah koordinasi dengan perhubungan, puskesmas dan rumah sakit.

"Tim PSC 119 ini dilatih akan menjadi garda terdepan dalam menghadapai dan menangani wabah corona yang terjadi saat ini dan akan menjadi tim kesehatan reaksi cepat dimasa mendatang," ujar Iskandar.

Ia berharap nantinya, Tim ini akan aktif 24 jam secara bergilir untuk memberikan pelayanan gawat darurat dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar dengan call center 119.

 

 

 

Kabid Pelayanan kesehatan selaku Ketua Pelaksana Kegiatan, Neli Ulfiati MPH mengatakan bahwa pelatihan tersebut mengikut sertakan 20 orang, terdiri dari 1 orang dokter, 8 perawat (3 orang Ners) dan 3 supir Ambulance serta 7 orang dari dinas kesehatan.

" Pelatihan yang diberikan terkait penanganan kedaruratan, dan akan memberikan pertolongan terhadap kasus kegawatdaruratan yang terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Besar nantinya," kata Neli.

Public Safety Center ( PSC ) merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan, layanan ini dibentuk tahun 2016 bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk membantu penangan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan tetapi juga dalam situasi kritis.

 

Media Center Aceh Besar