Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Aceh Besar Peringati Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019

Kategori : Umum Senin, 16 Desember 2019 - Oleh mc

 Aceh Besar, Media Center - Peringatan Hari Ibu di Kabupaten Aceh Besar diwarnai dengan pemberian apresiasi kepada Ibu-Ibu Pelukis Inai dan Pembuat Buket Sirih yang diserahkan setelah pelaksanaan upacara mengenang kembali hari pergerakan perempuan Indonesia di Halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Kota Jantho, Senin 15 Desember 2019.

Upacara PHI diawali dengan pembacaan Sejarah Singkat Hari Ibu oleh Ketua TP-PKK Aceh Besar Rahmah Abdullah SH, yang menerangkan bahwa atas prakarsa para perempuan pejuang pergerakan kemerdekaan pada tanggal 22-25 Desember 1928 diselenggarakan kongres Pertama di Yogyakarta untuk mengukuhkan semangat dan tekad untuk mendorong kemerdekaan Indonesia dengan terbentuknya PPPI (Perikatan Perkumpulan Perempuan Indonesia).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Sekda Aceh Besar Drs. Iskandar, MSi mengungkapkan bahwa hakekat peringatan Hari Ibu yang ke-91 adalah dalam rangka mengenang kembali cikal bakal lahirnya hari Ibu sebagai bagian dari pergerakan mendorong kemerdekaan Indonesia kala itu.

"Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka memiliki akses dan kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, ekonomi, politik, sosial dan sebagainya," kata Iskandar saat membacakan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Ia juga mengatakan bahwa momentum tersebut penting untuk mendorong semua pelaku kepentingan agar memperikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

 

 

 

Peringatan Hari Ibu kali ini, juga diberikan apresiasi dan penghargaan kepada Seolah Sehat Terbaik Tahun 2019, diantaranya untuk Kategori Taman Kanak-kanak diraih oleh TKIT Al Fityan School, Kategori Sekolah Dasar diraih SD Negeri Bueng Cala, Kategori SMP diraih oleh SMP Swasta Al Falah Abu Lam-U, dan Kategori Sekolah Menengah diraih oleh SMK Negeri Al-Mubarkeya dengan uang pembinaan masing-masing 5 Juta Rupiah.


Hadir pada kegiatan tersebut Kapolres Aceh Besar, Kajari, Perwakilan Kodim 0101/BS, Pemimpin Bank Aceh Syariah Cabang Jantho, Asisten, Kepala OPD dan Para Pejabat dalam ruang lingkup ketdakab Aceh Besar.

Media Center Aceh Besar