Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Baitul Mal Aceh Besar Salurkan Dana Zakat dan Infaq Untuk Fakir Miskin

Kategori : Pemerintahan Sabtu, 14 Desember 2019 - Oleh mc

Aceh Besar, Media Center - Pemerintah Aceh Besar melalui Baitul Mal Aceh Besar (BMA) menyalurkan Bantuan rumah fakir miskin, fakir, insentif guru TPA dan sarana ibadah di Aula TPA Darul Hasani, Gampong Miruk Taman Kecamatan Darussalam, Sabtu 14 Desember 2019.


Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menjelaskan, bantuan yang diberikan kepada masyarkat hari ini adalah hasil dari dana zakat dan infaq masyarakat Aceh Besar yang diserahkan kepada baitul mal, dan pada hari kita kembali menyalurkan bantuan tersebut dalam bentuk pembangunan rumah, beasiswa dan sarana ibadah. “Alhamdulillah hari ini kita telah serahkan bantuan tersebut,” katanya.


Menurut Mawardi, bantuan ini turut membantu mengurangi angka kemiskinan yang ada di Aceh Besar, selain baitul mal ada program lain yang diberikan kepada masyarakat yang tujuannya adalah meningkatkan perekenomian masyarakat. “tujuannya adalah membantu masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan di Aceh Besar,” jelasnya.


Ia juga mengatakan bahwa menurunkan angka kemiskinan tentu tidak mudah walaupun kita sudah memiliki banyak program bantuan baik tunai ataupun non tunai, namun saat ini Aceh Besar berhasil menurunkan 1% persen angka kemiskinan yang sebelumnya di Aceh Besar nilainya 14% kini menjadi 13%. “alhamdulillah indeks kemiskinan di Aceh Besar menurun 1%, butuh dana besar untuk menurunkan angka kemiskinan, tapi untungnya kita mampu,” ungkapnya.


Ia berharap kepada masyarakat baik PNS ataupun pengusaha untuk menyerahkan zakat dan infaqnya kepada baitul mal Aceh Besar, supaya semakin besar dana zakat dan infaq yang diterima semakin banyak masyarakat yang menerima. “jika diserahkan kepada baitul mal, maka dana zakat dan infaq akan diserahkan kepada masyarakat Aceh Besar, tentu ini sangat membantu,” ujar Mawardi.


Mawardi berpesan kepada para penerima bantuan, mudah-mudahan bisa membantu dan dimanfaatkan dengan baik, sehingga tahun dapat bukan lagi menjadi mustahik tapi menjadi muzaki (pemberi zakat).


Pada kesempatan tersebut Kepala Baitul Mal Aceh Besar menjelaskan bahwa tahun 2019 Baitul Mal menerima zakat dan infaq senilai Rp. 18.209.941.756. ia juga menjelaskan pada tahun ini baitul mal Aceh Besar telah menyalurkan bantuan kepada kaum fakir sebanyak 1800 orang, bantuan untuk kategori kaum miskin senilai Rp. 8.797.940.911 yang termauk didalamnya adalah pembangunan rumah untuk fakir miskin sebanyak 50 unit dengan anggaran per rumah Rp. 85.000.000.


Ia juga menjelaskan selain untuk fakir miskin baitul mal Aceh Besar menyalurkan dana zakat dan infaq untuk para muallaf,beasiswa kepada santri berprestasi, insentif guru TPA dan sarana ibadah. “semua dana zakat dan infaq yang terkumpul di Baitul Mal telah kami salurkan kepada masyarakat sesuai dengan sanif,” katanya.


Selain itu ia juga beterima kasih kepada baitul mal provinsi Aceh yang telah memberikan bantuan berupa pertamini sebagai bantuan peningkatan ekonomi masyarakat kepada masyarakat Miruk Taman.