Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Kunker Bupati, Air Bersih Masalah Utama di Kecamatan Leupung

Kategori : Pemerintahan Jumat, 06 Desember 2019 - Oleh mediacenter


Bupati Aceh Besar Ir. H. Mawardi Ali kunjungan kerja dan silaturahmi dengan masyarakat di Kecamatan Leupung, Jum'at, 6/12.
Dalam Kunjungan kerja ini Mawardi Ali Banyak Mendengar aspirasi bahkan keluhan dari masyarakat di Kecamatan Leupung Khusunya warga desa Deah Mamplam yang sedang mengalami permasalahan dengan air bersih.


Mardhiah Amin salah seorang ibu warga Deah Mamplam menyampaikan persoalan air bersih yang sudah dialami warganya sejak dari tahun 2009 dan belum ada penyelesaian sampai saat ini.


Mardhiah juga menyampaikan bahwa sejak 2009 kendala air bersih ini sudah dialami warga dan berbagai solusi sudah dicari termasuk dengan suplai air dengan mobil tanki yang disalurkan oleh perusahaan yang menaungi pabrik semen, sampai dengan memanfaatkan air yang ada di Gua Riting, dan ini juga belum menyelesaikan permasalahan air bersih di wilayah desa Deah Mamplam kecamatan Leupung.


Disamping itu warga desa lainnya juga menyampaikan kepada Bupati Aceh Besar, bahwa masyarakat hanya meminta adanya aliran air bersih yang mengaliri desa desa di wilayah kecamatan Leupung, ujar ibu mardhiah.


menjawab keluhan dari warga Leupung Mawardi Adi memberikan solusi sementara untuk menyelesaikan permasalahan air bersih ini.
"Untuk sementara, kepada PDAM agar menyiapkan 1 unit mobil tangki Air dan menyediakan 3 penampungan air dititik yang berbeda dan harus diisi setiap harinya", ujar Mawardi .


Selain itu, kepada PUPR untuk segera mengkaji titik mana yang layak untuk segera dibuatkan sumur Bor didesa Deah Mamplam, pinta Bupati kepada Kadis PUPR.
"Pelayanan Dasar Air Bersih akan segera kita tangani segera dengan 3 Langkah Cepat dengan menyiapkan Mobil tangki dari PDAM, Kita Akan survei segera untuk penggalian Sumur Bor, dan kita akan bangun yang permanen dalam bentuk kerjasama dengan SPAM Regional atau dengan Perusahaan". tegas beliau
Pertemuan dengan Masyarakat kecamatan Leupung ini dilanjutkan kembali setelah Sholat Jum'at dengan melakukan peninjau Langsung Oleh Bupati dan Rombongan ke beberapa desa di wilayah tersebut.


Bupati bersama rombongan menuju ke desa Layeun dan kemudian singgah di desa Pulot melihat Pompa Air yang sudah tidak dapat digunakan lagi selama 10 tahun, kemudian rombongan bergerak menuju ke Desa Brayeun dan disambut oleh ibu-ibu desa tersebut yang juga menyampaikan berbagai permasalahan yang ada didesa mereka.


Kunjungan dilanjutkan Ke Desa Meunasah Ba'u untuk meninjau Pompa Air yang sudah tidak dapat digunakan lagi. Masyarakat didesa ini juga kembali menyampaikan permasalahan yang di alami mereka kepada Bupati dan Rombongan, bahwa selama ini mereka bermasalah dengan pelayanan listrik yang belum mengaliri penuh desa mereka sampai ke objek wisata Bendungan Brayeung.


Kunjungan terus dilanjutkan menuju desa yang bermasalah dengan air Bersih, Desa deah Mamplam, dan kembali Bupati beserta rombongan berbincang bersama masyarakat.