Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Bupati Kunjungi Kebun Tin, Malaysia Tertarik Budidaya Kurma Aceh Besar

Kategori : Pertanian Sabtu, 21 Juli 2018 - Oleh mediacenter

Thailand, Media Center -- Bupati Aceh Besar Mawardi Ali masih berada di Thailand dalam rangka IMT-GT TRADE FAIR 2018. Kegiatan hari ini (Sabtu, 21 Juli 2018) adalah melakukan kunjungan ke tempat budidaya buah tin yang berada di Perlis Malaysia.

Dalam kunjungan ini Bupati dan ketua TP PKK Aceh Besar Ibu Rahmah Mawardi turut didampingi oleh Rektor Unsyiah Ir. Samsul Rizal, M.Eng beserta Tim dari Aceh Besar.

Buah tin yang disebutkan dalam Al-Qur'an memiliki khasiat yang cukup banyak sehingga di malaysia cukup mahal harganya 4 biji mencapai 10 Ringgit, jika dirupiahkan sekitar 30.000.

Tidak hanya buahnya yang memiliki nilai ekonomis karena khasiatnya, rupanya daun tin memiliki khasiat menguatkan tulang, kesehatan gigi, pereda asma, mencegah kanker, anti bakteri, atasi kolesterol dan anemia. Daun tin saat ini sudah diproduksi menjadi teh sehingga lebih mudah dikonsumsi.

Saat mengunjungi perkebunan tin, Bupati Aceh Besar saling menukar informasi budaya pertanian  di Aceh Besar yaitu kurma yang sedang dibudidaya di Blang Bintang sehingga menarik pihak Pengembang untuk datang ke Aceh Besar pada 6 Agustus 2018 mendatang.

Rektor Unsyiah pada kesempatan tersebut juga menyampaikan akan melakukan kerjasama dibidang pertanian dengan Aceh Besar setelah kembali ke Indonesia bersama Bupati Aceh Besar.

Saat ini Aceh Besar sedang giat mendesain pengembangan dibidang pertanian setelah sebelumnya mendapatkan sertifikat Varietas dari Kementerian Pertanian RI, penemuan bibit padi unggulan ramos seulawah, tawaran investasi jagung dari pengembang korea dan dalam waktu dekat akan dilakukan kerja sama dengan unsyiah.

(MC. Aceh Besar)