Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Bupati Aceh Besar Dukung Pengembangan Wisata Lhokmee, 4 Miliar Anggaran Disiapkan

Kategori : Ekonomi Kamis, 08 Februari 2018 - Oleh mediacenter

 

Aceh Besar, Media Center – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh merencanakan akan melakukan pengembangan terhadap destinasi wisata pasir putih di kawasan Lhokmee, Kabupaten Aceh Besar. Program itu disambut baik oleh Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, bahkan dirinya langsung menyambangi para pedagang di tempat wisata tersebut, Kamis (8/2).

Kedatangan Mawardi di tempat wisata tersebut bertujuan ingin bersilaturami bersama warga, sekaligus memberitahukan bahwa akan ada pengembangan di lokasi wisata pasir putih tersebut. Puluhan perwakilan dari total jumlah 68 pedagang di Lhokmee tersebut menyambut baik atas program itu, bentuk setuju itu terlihat ketika mereka menyampaikan dalam forum ketika berdiskusi.

Para pedagang menerima pengembangan tempat wisata tersebut, bahkan para pedagang itu terlihat sangat senang ketika melihat video animasi tempat wisata tersebut yang didesain sangat indah, ketika diperlihatkan dalam acara silaturahmi itu. Akan tetapi, para pedagang tersebut meminta agar ketika tempat wisata ini sudah selesai dibangun, dan terlihat indah, tempat untuk mereka berjualan tidak terlalu mahal untuk diambil biaya sewa.

”Nanti kalau sudah selesai pak jangan mahal kali ambil sewa pak, kami kan di sini janda, orang yang memelihara anak yatim, orang miskin jadi kami tidak punya uang,” ungkap Tasmi, salah satu pedagang. Mendengar keluhan itu, Mawardi langsung menyebutkan tidak akan mengambil pajak hingga tempat wisata ini maju.

”Dengan syarat, jangan nanti ketika sudah mendapat kedai ini, kasih sewa ke orang sudah tidak jualan lagi, itu jangan. Kita harus tetap cari rezeki di sini dengan baik ya,” ujar Mawardi.

Di samping itu, Mawardi mengatakan pemerintah Aceh dan Aceh Besar merencanakan akan membangun tempat wisata Lhokmee tersebut sebagai salah satu destinasi yang memenuhi standar. Mulai dari segi pelayanan, kebersihan, hingga estetikanya.

”Kemudian sapi di sini yang berkeliaran harus tertip, parkir yang bagus, tempat jualan yang baik, supaya pengunjung di sini lebih nyaman. Selama ini kebersihan tidak ada, padahal kita memiliki pantai yang sangat indah,” jelasnya.

Pengembangan tempat wisata tersebut bersumber dari APBA 2018, sebanyak Rp 4 mililiar telah disiapkan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Namun, Pemkab Aceh Besar bersama perwakilan dinas terkait menyambangi masyarakat untuk mengajak masyarakat bekerjasama dalam menjaga sama-sama ketika proses pembangunan berlangsung, supaya tidak terjadi hal yang menghalangi pembangunan.

”Alhamdulillah mereka sangat menyukainya. Rencana akan dibangun tempat parkir yang bagus, semua area wisata ada jalan setapak, jalan akses bagus, tempat duduk, tempat jualan, mushalla, kemudian ada jembatan yang melingkari di pohon-pohon yang tumbuh dalam laut itu, pokonya ditata dengan bagus nanti,” ungkapnya.

Atas program ini, Mawardi berharap, masyarakat dapat bekerja sama dengan pemerintah. Dan apapun pembangunannya semua akan bermuara kepada masyarakat di sini agar bisa sejahtera. Kemudian, wisatawan yang hadirpun bisa nyaman ketika berwisata ke Pantai Lhokmee ini.

(MC.ABES)