Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

DPMPTSP Aceh Besar Pertama Terapkan OSS di Aceh

Kategori : KABAR DINAS Selasa, 30 Juli 2019 - Oleh mc

 

Aceh Besar, Media Center - Sejak diundangkannya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Eletronik pada juni 2018, DPMPTSP Aceh Besar menjadi yang pertama di Aceh dalam menerapkan OSS untuk memproses perizinan berusaha. Hal tersebut sesuai dengan terbitnya Nomor Induk Berusaha (NIB) pertama pada sistem OSS (Online Single Submission) yang bertanggal 19 Juli 2018 a.n. PT MERAPI UTAMA PHARMA. Selama kurang lebih 1 tahun penerapan OSS, hingga hari ini (30/7) tercatat telah terbit 1.126 NIB dan ratusan izin usaha yang telah berlaku efektif di wilayah Aceh Besar.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Drs. Sulaimi, MSi mengungkapkan bahwa Aceh Besar pertama kali menerapkan OSS sejak juli 2018 lalu. "Pada awalnya pelaku usaha masih bingung dengan sistem OSS" Ungkap Sulaimi.

Ia menambahkan bahwa dengan penjelasan aturan baru dan sosialisasi oleh petugas serta menfasilitasi mereka saat input data, sehingga pelaku usaha bisa mengerti dan menerima.

" Sosialiasi untuk penerapan Pengajuan Perizinan Online (OSS) ini pernahkita gelar pada November 2018 di Hotel Pade Aceh Besar. Dalam acara tersebut kami mengundang perwakilan pelaku usaha dari setiap kecamatan, koperasi, perbankan, dan organisasi kemasyarakatan." pungkas Sulaimi.

Sebelum adanya OSS ini, DPMPTSP Aceh Besar juga telah memiliki aplikasi perizinan sendiri yang bernama PINTO (www.ptsp.acehbesarkab.go.id) yang telah digunakan sejak Tahun 2012 dan telah memproses ribuan perizinan kepada pelaku usaha. Kemudian setelah diterapkan OSS pada saat ini, aplikasi PINTO juga tetap digunakan untuk memproses perizinan selain perizinan berusaha yang tercantum di PP No 24 Tahun 2018.

 

MC. Aceh Besar