Selamat Datang Di Portal Resmi Kabupaten Aceh Besar

Dinas Pendidikan Gelar RDP Sistem Pendidikan Terpadu

Kategori : Kabar Dinas Senin, 25 Juni 2018 - Oleh mediacenter

Aceh Besar, Media Center -- Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Besar menggelar Rapat Dengar Pendapat tentang Sistem Pendidikan Terpadu untuk mendapat masukan dalam rangka menerapkan penambahan jam belajar (full day school) untuk SD, MI, SMP, MtsN sederajat di Aceh Besar.

RDP (Rapat Dengar Pendapat) yang dilaksanakan hari pada 25 Juni 2018 di BP PAUD Ingin Jaya ini diikuti oleh para kepala SD, SMP Negeri dan Swasta, Pengawas, Komite Sekolah, Lembaga Pendidikan Informal-Non Formal dan OKP - ORMAS di Aceh Besar.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Aceh Besar Fata Muhammad, S.Pd, MM memimpin rapat didampingi Ketua MPD (Majelis Pendidikan Daerah) Aceh Besar Prof. Mustanir selain membahas rencana pelaksanaan Sistem Pendidikan Terpadu dalam Full Day School juga mensosialisasikan kembali Peraturan Bupati No. 36 Tahun 2013 tentang Wajib Baca Tulis Al Qur'an bagi Siswa dan Calon Pengantin Pranikah yang belum optimal dilaksanakan sampai saat ini terutama di Sekolah.

Pendapat dan masukan yang muncul dalam rapat ini antara lain agar mengakomodir pendidikan agama dan melibatkan Tgk. Dayah, sinergitas dan integrasi dengan lembaga pendidikan lainnya, penyusunan jadwal yang baik serta konsep pendidikan yang riang, gembira agar tidak membosankan.

Plt. Kadis Fata Muhammad dihadapan peserta berharap konsep sistem pendidikan terpadu ini nanti dapat kita realisasi ditempat masing dengan berbagai kekurangan yang harus terus kita tutupi dan perbaiki seperti dukungan dan kualitas tenaga pendidik sehingga keterlibatan lembaga lain seperti TPA sangat terbuka bekerjasama untuk memajukan pendidikan secara terintegrasi.

"Pendidikan tidak cukup dikelola dinas, kepsek dan guru. Tapi keterlibatan dan kepedulian seluruh elemen sangat penting" Tegas Fata Muhammad.

Full Day School ini selain sebagai penerapan Perbup yang telah lahir sejak 2013 lalu juga untuk menjawab persoalan lain di Aceh Besar dan memiliki target minimal lulusan SD sederajat nanti harus hafal mampu menghafal 1 juz Al Qur'an.

(MC. Aceh Besar)